5 Hal yang Bisa Anda Coba Lakukan Sebelum Berangkat Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 19 Agustus 2024, 11:19:19

Bagi kaum muslimin, menunaikan ibadah umrah adalah harapan yang selalu ada dalam pikiran. Mengingat sekarang ini untuk melakukan haji memerlukan biaya yang mahal dan waktu menunggu yang tidak sebentar, umrah menjadi alternatif untuk mereka yang sudah merindukan ingin pergi ke Baitullah.

Tapi, impian saja tidak akan jadi kenyataan jika Anda tidak memulai mempersiapkan diri untuk pergi umrah. Utamanya soal finansial. Jika tidak ada goal yang jelas kapan Anda akan berangkat ibadah umroh, Anda tidak akan pernah menyisihkan dana khusus untuk ibadah umrah. Lalu, bagaimana cara cepat berangkat umroh bila impian Anda sudah menggebu-gebu? Jangan khawatir, kami akan memaparkan kiatnya buat Anda. Selamat menyimak!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Pasang Niat yang Kuat

Apabila Anda ingin segera menunaikan ibadah umrah, pasanglah niat yang kuat agar Anda bisa cepat berangkat ke Baitullah. Banyak orang yang secara keuangan mampu melaksanakan umrah, namun mereka tidak berniat untuk ibadah, lho!

Mungkin karena dari sisi spiritualnya kurang mendapat input tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka menjatuhkan pilihan untuk memprioritaskan hal-hal yang bersifat duniawi misalnya memiliki rumah, mobil, pakaian, perabotan, menekuni hobi, liburan dan seterusnya.

Oleh karena itu, Anda termasuk golongan orang yang beruntung ketika Anda punya niat untuk umrah. Bahkan, Anda tidak memiliki uang berlebih untuk ibadah umrah, namun karena kekuatan niat, bukan tidak mungkin Anda dapat berangkat umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak memiliki niat umrah. Oleh karena itu, niat yang kuat adalah modal agar Anda dapat untuk menggapai impian Anda menunaikan umroh dengan cepat. Yakini sepenuh hati bahwa Anda MAMPU untuk umrah, atas izin Allah.

2)  Cari Info Selengkapnya Tentang Umrah

Tips kedua yang dapat Anda tempuh untuk bisa segera berangkat ibadah umroh adalah dengan mencari tahu tentang umrah. Mulai dari rukun-rukunnya, apa saja doanya, persiapannya, manasiknya, dan semua hal yang berkaitan dengan ibadah umrah. Lalu, yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus mempelajari tentang biro travel umrah yang terpercaya untuk mengurus keberangkatan Anda ke tanah suci. Anda bisa mencarinya sendiri lewat pencarian daring, membandingkannya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga minta pertimbangan keluarga dan teman yang sebelumnya pernah melaksanakan umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat mencari info terkait ibadah umrah dengan cara diskusi dengan relasi, pihak keluarga atau berkonsultasi dengan ustadz-ustadz yang Anda percaya. Semakin Anda mencari tahu tentang umrah, maka Anda telah memancarkan sinyal yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap menerima undangan ke Baitullah dari Allah SWT. Ini juga proses supaya bisa cepat sampai ke tujuan lho!

3) Menyiapkan Dana Tabungan Umrah

Buat Anda yang belum memiliki dana khusus untuk berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa mulai menyisihkan untuk biaya umrah mulai saat ini juga. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan ikhtiar untuk disiplin menabung. Tentukan waktu kapan Anda umrah. Anda harus memasang target kapan Anda akan berangkat umrah, supaya ada semangat untuk mencapai target tersebut.

Misalnya, Anda berniat untuk berangkat ibadah umrah 3 tahun lagi. Biaya umrah dan lain-lainnya kurang lebih 30-35 juta rupiah. Maka, dengan pendapatan misalnya 3 juta per bulan, Anda harus bisa mengalokasikan sekitar 1 juta per bulan untuk bisa berangkat umroh. Kurun waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan punya dana sebesar 36 juta rupiah. Cukup realistis, kan? Anda bisa sesuaikan dengan kondisi finansial Anda masing-masing. Jika mau lebih cepat lagi, Anda bisa menggunakan dana talangan umrah dari pihak bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Minta Restu dari Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang dapat Anda coba sebagai cara cepat berangkat umrah. Sudah sering yang membuktikan metode ini, dengan ridho dari ibu dan bapak atau mertua, niat untuk berangkat ibadah umrah akan lebih mudah terealisasi. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah juga terletak pada ridho orangtua?

Beritahukan keseriusan kalau Anda ingin melaksanakan ibadah umrah, buatlah bahagia orangtua Anda, buat hati keduanya bahagia dan mereka pun akan dengan rela memanjatkan doa untuk Anda supaya bisa melaksanakan umrah.

5) Cerdas Memilih Paket Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara berumroh hemat di zaman sekarang ini banyak caranya. Ada yang menempuh jalan umrah backpacker, ada juga yang memilih mengikuti paket umrah di masa off peak season supaya mendapat diskon yang lumayan. Selain itu, booking paket umrah secara kolektif juga dapat dijajal untuk mendapatkan potongan harga dari biro umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih menghemat biaya tanpa mengesampingkan kualitas pelayanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://prohajj.co.id