Persiapkan 10 Hal Berikut Sebelum Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 19 Agustus 2024, 11:19:19

Bagi Anda yang baru pertama kali akan melakukan ibadah umrah, Anda pasti bingung tentang hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, pendaftaran, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Hal ini penting, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai gambaran apa yang harus Anda siapkan sebelum umrah, Anda bisa menyimak tulisan berikut ini hingga selesai.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus dipahami adalah ibadah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yakni rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran jasmani yang prima. Oleh karena itu, jamaah yang hendak berangkat umrah setidaknya wajib ada persiapan sebulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat supaya ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kebugaran dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta mengkonsumsi suplemen seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa memulai rutin berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Berbekal fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam beribadah umrah di tanah suci.

Persiapan Rohani

Selain fisik yang prima, Anda juga wajib menyiapkan rohani Anda supaya dapat benar-benar tenang dalam beribadah umrah. Ibadah umrah memerlukan niat yang tulus beribadah karena Allah SWT, juga keikhlasan yang tinggi. Karena bagi orang yang melakukan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan keluarga untuk sementara. Selain hal tersebut, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang harus dibayarkan lewat biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Dokumen

Kelengkapan data yang wajib dipersiapkan sebelum melaksanakan umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat, bukti tanda terima pemesanan penginapan, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah persiapan yang harus dicermati. Ada Baiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper guna memuat barang yang Anda bawa. Satu koper berukuran besar, sebuah tas jinjing, dan satu tas kecil. Masing-masing dapat dipenuhi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian masuk koper, tas jinjing untuk memuat alat-alat mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa kelengkapan identitas, tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Langkah ini terkadang terabaikan, padahal semestinya hal ini adalah langkah yang terbilang penting untuk dilakukan. Sama halnya saat kita akan melakukan suatu ibadah, kita harus memahami syarat sahnya, rukun-rukunnya, urutannya agar tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda dapat mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku panduan umrah, mencari tentang umrah, dan sharing dengan orang yang pernah melaksanakan umrah.

Menentukan Pilihan Jasa Travel Umroh yang Terpercaya

Ada baiknya, pilihlah biro jasa travel umrah yang bonafid. Anda bisa memastikannya dengan cara membaca testimoni jamaah yang telah diberangkatkan, juga melihat profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga informasi layanan mereka dapat Anda cermati melalui online, misalnya dengan mengunjungi website, mendapat pemberitahuan surat elektronik dan pesan singkat untuk progres pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, memiliki alergi khusus, dan membutuhkan meminum obat-obatan yang tidak umum, Anda perlu menyiapkan obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa saat pelaksanaan umrah. Selain itu, obat yang umum misalnya P3K dan minyak gosok, juga bisa Anda bawa secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang khusus perempuan banyak macamnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, jarum pentul, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk pria, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga pakaian ganti ihram yang nyaman. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Ketika umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda ungkapkan. Ada pula doa titipan dari kerabat dan juga rekan. Agar selalu ingat, siapkan kertas khusus doa, supaya Anda ingat dan tidak blank saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga stamina saat beribadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, bawa di tas kecil sehingga Anda dapat mengkonsumsinya sewaktu-waktu.

Nah, itulah 10 hal yang harus Anda siapkan sebelum umrah. Bicarakan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak harus disiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://prohajj.co.id